Wednesday, August 29, 2018

Biografi Tim Berners-Lee


World Wide Web atau yang populer dengan singkatan WWW sudah sangat dikenal dan digunakan oleh banyak masarakat. Siapa sih penemu World Wide Web??

Tim Berners-Lee Adalah tokoh yang menciptakan World Wide Web. Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee sempat bekerja di European Organization of Nuclear Research (CERN) di jenawa, Swiss.


Dirangkum dari beberapa sumber, Pertama kali Tim Berners-Lee mengembangkan web untuk kebutuhannya, Yaitu untuk menyimpan berkas-berkas pribadinya. ia membuat sistem bernama ENQUIRE yaitu merupakan database pengguna personal dan model software.

Web menggunakan hypertext, setiap halaman informasi di ENQUIRE harus dihubungkan dengan halaman yang sudah ada.
dan pada tahun 1890, bernes lee dihadapkan pada masalah semua fisikawan dari seluruh dunia, yaitu harus membagikan data. namun tidak punya mesin untuk hal itu.

dan pada maret tahun 1989 Berners-Lee menulis sebuah proposal mengenai database hypertext besar dengan sebuah link,Meski proposal yang di tulis oleh Berners-Lee hanya menarik keuntungan kecil, Saat itu Berners-Lee didorong oleh bosnya, yaitu Mike Sendall untuk menerapkan sistemnya pada workstation yang baru.



hingga tahun 1999, Berners-Lee membangun semua alat yang diperlukan agar sebuah web bisa berkerja, seperti HyperText Transfer Protocol (HTTP) 0,9, HyperText Markup Language (HTML), web browser pertama (bernama World Wide Web yang juga web editor), perangkat lunak server yang pertama HTTP (kemudian dikenal sebagai CERN httpd), serta web server pertama (http://info.cern.ch).

Bagikan

Jangan lewatkan

Biografi Tim Berners-Lee
4/ 5
Oleh