Tuesday, January 9, 2018

Wisata jogja Gardu Pandang Bukit Klangon Merapi

zonajogjaTidak banyak yang tahu bahwa di diujung timur laut atau di lereng Gunung Merapi kabupaten Sleman yang berbatasan dengan kabupaten Klaten terdapat sebuah kawasan wisata yang menarik. Namanya Wisata Alam Bukit Glagahsari namun lebih dikenal dengan Gardu Pandang Rotary. Gardu Pandang Glagahsari (Rotary) memberikan pesona pemandangan Gunung Merapi dari sudut yang berbeda.

Gardu Pandang Glagahsari (Rotary 3400) terletak di dusun Klangan Glagahsari, desa Kalitengah Lor, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman. Memiliki daya tarik utama berupa gardu pandang untuk melihat pemandangan Gunung Merapi dari dekat.


Tidak istimewa memang karena hampir semua kawasan wisata di lereng Gunung Merapi menampilkan daya tarik utama berupa gardu pandang. Namun bila kita melihat Gunung Merapi dari Bukit Glagahsari ini, kita melihat pemandangan Gunung Merapi yang sedikit tertutup oleh bukit kecil yang masih tampak hijau dan tidak terkena terjangan lahar panas erupsi Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu.

Medan perjalanan yang sulit dan jarak yang cukup jauh mungkin menjadi kendala utama Bukit Glagahsari atau gardu pandang Glagahsari untuk promosi wisata. Wisatawan biasa mungkin lebih tertarik melihat pesona Gunung Merapi dari dekat di kawasan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan medan jalan yang mudah dilalui kendaraan baik roda doa atau roda empat keatas. Seperti beberapa kawasan wisata lereng Gunung Merapi yang sudah lama terkenal seperti Kaliurang, Wisata Lava Merapi Kinahrejo, dan sebagainya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Wisata jogja Gardu Pandang Bukit Klangon Merapi
4/ 5
Oleh