Tuesday, January 9, 2018

Wisata Jogja Air Terjun Sri Gethuk

zonajogja - Wisata Jogja Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun yang populer di Jogja. Bahkan tak hanya pelancong dari wilayah Jogja saja pengunjungnya,akan tetapi juga dari wilayah luar kota. Slempret merupakan nama lain dari air terjun Sri Gethuk, karena air terjun ini terletak di lokasi Slempret. Air terjun tersebut diapit oleh tebing yang berketinggian sampai dengan 50 meter.



Kawasan Slempret merupakan daerah yang bertopografi perbukitan dan banyak ditumbuhi pohon kelapa. Tanaman padi dapat tumbuh subur ditempat ini sepanjang tahun karena tanah di tempat ini tidak pernah mengalami kekeringan. Kesuburan tanah ditempat ini karena didukung oleh tiga sumber mata air yang cukup besar dengan rata-rata debit 30 s/d 60 liter/detik, yaitu mata air Dong poh, Ngandong dan Ngumbul.

Dapat ditempuh dengan jalan kaki melewati pematang sawah sejauh 450 meter kemudian dilanjutkan dengan menuruni anak tangga berjumlah sekitar 96 anak tangga. Untuk mencapai air terjun tersebut dapat juga dengan berjalan menyusuri tebing Slempret yang berujung ke lokasi air terjun Sri Gethuk.

Penamaan Slempret sebenarnya berasal dari kata Slompret yaitu nama sebuah alat musik tiup dan konon tempat tersebut merupakan tempat yang dianggap angker masyarakat karena merupakan tempat makhluk halus atau jin yang tinggal ditempat tersebut. Menurut serita pimpnan dari jin tersebut bernama jin Anggo Menduro.

Konon jin yang menjadi penunggu tempat tersebut teryata menyukai berbagai kesenian, semua itu dibuktikan pada waktu-waktu tertentu sering terdengar suara – suara yang sering didengar oleh penduduk di lokasi Menggoran dan sekitarnya. Suara tersebut berupa suara seperti bunyi drumband, dan suara slompret yang sering terdengar mendominasi munnculnya suara tersebut. Suara tersebut kalau dicoba didekati akan hilang sehingga masyarakat meyakini yang mempunyai suara tersebut adalah para jin yang mendiami tempat tersebut. Oleh karena itu air terjun tersebut dinamakan Slempret karena berada di lokasi yang namanya Slempret.

Lokasi

Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Para pengunjung dapat mencapai lokasi obyek wisata air terjun Sri Gethuk ini dengan memilih dua jalaur, yaitu :


  • Merupakan jalur utama melewat jalan Wonosari – Pathuk – per3an Gading – Playen – Bleberan.
  • Jalur kedua yang merupakan jalur alternatif melalui jalan Imogiri barat – jalan Panggang – Panggang – Paliyan – Playen – Bleberan.

Sesudah sampai di desa Bleberan, anda bisa langsung segera menuju ke arah gua rancang kencono dengan menyusuri jalan setapak dari batu gamping. Jalan yang dilalui ini cukup licin dan terjal sehingga tidak dianjurkan bagi anda yang membawa mobil dengan kap mobil rendah.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Rp.3.000,- per orang.
Harga sewa perahu Rp. 5.000,- per orang.
Harga sewa ban untuk berenang Rp. 2.000,- per ban.
Fasilitas

Air terjun Sri Gethuk merupakan obyek wisata yang terpadu dengan Goa Rancang Kencono, situs purbakala, bumi perkemahan dan area memancing di Dusun Menggoran.

Fasilitas di tempat wisata ini belum banyak karena kawasana ini masih merupakan obyek wisata yang terpencil dan baru. Fasilitas penunjang yang berada di tempat tersebut adalah gethek atau perahu tradiisional yang dapat disewa oleh wisatawan untuk menyusuri areal persawahan dan anak tangga untuk mencapai lokasi ayr terjun ini. Bagi anda yang tiidak mau bersusauh-susah maka pilihan tepat untuk sampai di lokasi air terjun adalah menaiki perahu tersebut yang ruteny menyusuri areal persawahan dan pengemudi selanjuittnya akan akan melewati arus sungai Oya hingga sampai di kaki air terjun.

Bagikan

Jangan lewatkan

Wisata Jogja Air Terjun Sri Gethuk
4/ 5
Oleh